Memimpin dan Mengelolan Reformasi Birokrasi di Lembaga Anda

Melaksanakan Reformasi Birokrasi (RB) pada sebuah organisasi / institusi bukanlah sekedar menjawab atau membuat laporan diatas kertas atas Area-Area Perubahan sesuai format yang disediakan oleh Tim Reformasi Birokrasi Nasional. Melaksanakan RB berarti melakukan perubahan yang bersifat transformasional dengan cara yang sistematis melalui skenario dan roadmap yang terpadu serta utuh dengan tetap menjaga konsistensi pelaksanaan/pengelolaan perubahan agar berkelanjutan. RB bukanlah kegiatan yang temporer, piecemeal dan bersifat insidental. Karena itu diperlukan model kepemimpinan tertentu yang sesuai dengan tuntutan-tuntutan diatas.

Diperlukan kepemimpinan yang kuat - ‘powerful’ untuk mendorong dan menggerakkan seluruh komponen organisasi melakukan perubahan siknifikan di bidang masing-masing dalam menuju visi umum sebagaimana telah dicanangkan dalam The Winning Formula. Kepemimpinan yang kuat diukur dari tingkat komitmennya terhadap program transformasi, yakni:
  1. Meletakkan Program RB sebagai Prioritas.
  2. Bersikap persisten dan ‘ngotot’ membela perlunya program RB dilakukan.
  3. Menyediakan dan mengusahakan tersedianya sumberdaya bagi program RB
  4. Kreatif dan jeli mencari solusi bila terjadi kesulitan, hambatan maupun tantangan yang menghadang program RB
  5. Mau terlibat dalam menyusun rencana aksi tindak lanjut secara rinci dan detil.
Kepemimpinan yang kuat juga ditandai dengan 3 sikap dalam mengambil keputusan sulit dan dilematis ataupun dalam keadaan ‘krisis’ yakni Cepat, Tegas dan Sensitif.

Jajaran pimpinan dan key person institusi hendaknya bertekad memenuhi tuntutan ‘Strong Leadership’ yang diamanatkan oleh Program RB guna mewujudkan Transformasi Organisasi menuju Lembaga birokrasi yang berkelas Dunia.



2 komentar:

  1. nomor telepon dihubungi tidak bisa ya pak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf telpon sebenarnya bisa dihubungi, cuma anda menelpon diatas jam 21.00 semalam sedang mengisi acara lain. silakan coba lagi.

      Hapus

MITRA RB