Landasan Implementasi Reformasi Birokrasi

Garis Besar Tahapan Pelaksanaan Reformasi Birokrasi sebagaimana tertuang dalam Road Map Reformasi Birokrasi 2010-2014 yang diterbitkan melalui PermenPAN dan RB No: 20 Tanggal 30 Desember Tahun 2010 menghendaki dibangunnya landasan yang kuat untuk menjamin implementasi Reformasi Birokrasi secara konsisten pada 2010.


Tentu kita sepakat pe[aksanaan Reformasi Birokrasi bukan sekedar membuat laporan atas delapan Area Perubahan berdasarkan format-format laporan yang telah ditentukan tanpa skenario perubahan dan landasan yang sistematis dan terarah.

Ibarat ingin merombak sebuah rumah, kita tidak bisa hanya sekedar memperbaiki disana sini bagian dari rumah satu persatu (peacemeal approach) entah itu mengganti pintu atau menambah kamar di lantai dua, tetapi langkah pertama yang harus dibuat adalah membuat pondasi baru sebagai landasan bagi seluruh komponen baru rumah yang akan dibuat atau diperbaiki. Dan landasan sebuah rumah yang hidup tidaklah sekedar bangunan fisiknya saja melainkan harus pula disertai dengan konsep aura/roh yang nantinya akan mewarnai kehidupan penghuni rumah tersebut. Lantas, apa saja landasan rumah birokrasi yang hendak dirombak (reformasi)?

Berdasarkan hukum-hukum perubahan yang bersifat transformasional (perubahan yang mendasar, strategik dan menyeluruh) maka landasan landasan RB yang harus dibangun meliputi paling tidak 10 aspek sebagai berikut:

(silakan klik untuk keterangan masing-masing)
  1. Envisioning
  2. Skenario Perubahan
  3. Pelaku perubahan
  4. Change Leadership
  5. Roda Pembaruan
  6. Change Management
  7. Building New Culture
  8. Building New Infrastructure.’
  9. Building New Competencies
  10. Creating New Customer Value
Kesepuluh aspek diatas akan menjadi landasan untuk menghasilkan atau untuk melaksanakan ke delapan Area Perubahan, sebagaimana gambar di bawah ini:

Untuk mengetahui apa yang dimaksud dengan ke 10 aspek diatas, klik saja pada masing-masing aspek tersebut. Anda akan diarahkan pada halaman penjelasan masing-masing.

Atau hubungi saja kontak di bawah ini:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

MITRA RB