Dunia Baru Kita: The World 2.0

Sumber & Artikel Top



My Social Blogs
Selepas Era Industrial (1750-1960) yang tumbuh dengan konsep dan paradigma persaingan “To Kill or To Be Killed”, dunia kini memasuki memasuki Era Informasi (1995-Sekarang) dengan tuntutan konsumen yang paradoksikal yakni “Lebih Baik, Lebih Murah, dan Lebih Cepat”. Tuntutan konsumen yang tinggi dan semakin tinggi tersebut menuntut kualitas kerja dan kompetensi yang prima dari para penyedia produk dan jasa tanpa bisa ditawar lagi.

Tuntutan konsumen yang paradoksikal tersebut telah pula memaksa terjadinya strategi dan konsep baru dalam dunia industri dan perdagangan yakni strategi aliansi yang marak sejak awal tahun 2000-an. Dan kini, sejak 2005, telah memuncak dengan munculnya konsep baru Shareable dan Collaborativeable yang dimulai dari dunia internet sebagai Web 2.0 dan kemudian menjadi paradigma baru: “Coopetitive value” (Cooperation & Competition).

Paradigma Coopetitive menuntut perlunya kolaborasi untuk menghasilkan produk yang “Baik, Murah dan Cepat” dan untuk itu setiap kolaborator atau individu harus memiliki kompetensi yang tinggi agar dapat bergabung. Adapun kompetensi yang tinggi tersebut harus dicapai dengan berlatih dan bertanding, bukan untuk saling mematikan tetapi untuk mempertinggi kualitas kompetensi yang dimilikinya. Inilah dunia baru masa kini dan ke depan dan kami menyebutnya sebagai Dunia baru World 2.0.


Lihat juga disini:






Tidak ada komentar:

Posting Komentar

MITRA RB